Senin, 27 Juni 2016

Spesifikasi Untuk Merakit PC Rendering

PC rendering adalah PC yagn dirakit khusus untuk kebutuhan rendering video atau pun animasi 3D. Jika, kita bandingkan PC rendering dengan PC gaming, tentu performa dan kekuatan dari PC rendering jauh di atas. Ini, karena PC rendering adalah PC yang digunakan untuk membuat permainan game itu sendiri, mulai dari tokoh, hingga motion dari game tersebut. Dan, PC rendering ini juda digunakan untuk mengetes game-game tersebut. Film-film box office dan animasi juga dibuat menggunakan PC rendering agar hasilnya lebih baik. Nah, berikut ini adalah spesifikasi PC rendering standar untuk Anda yang ingin belajar membuat video atau animasi.

Motherboard

Spesifikasi Untuk Merakit PC Rendering MOBO oleh tekno segiempatSpesifikasi PC gaming dan rendering hampir sama, namun PC rendering haruslah lebih kuat dibanding PC gaming. Pilihlah motherboard yang terbaru seperti Asus M5A97 R2.0 Socket AM3. AMD memilih harga yang cukup murah dalam merakit PC yang baik untuk kualitas graphic tinggi. Banyak para gamer juga lebih memilih AMD untuk platform PC gamingnya ini untuk menghemat budget tapi tetap mendapatkan performa prosesing yang tinggi. Harga dari motherboard Asus M5A97 R2.0 Socket AM3 adalah sekitar Rp. 1,2 jutaan.

Processor

Spesifikasi Untuk Merakit PC Rendering CPU oleh tekno segiempatSebagai pemilihan processor sebaiknya pilih yang AMD Vishera FX-9590. Processor ini memiliki clock speed 4,7 Ghz dengan cache 8 MB AM3. Walaupun memang memakan daya yang cukup besar yaitu 220 watt, tetapi performa rendering Anda tentunya akan lebih cepat dengan processor AMD Vishera ini. Harga untuk processor AMD Vishera ini adalah sekitar Rp. 3,6 jutaan saja.

RAM

Spesifikasi Untuk Merakit PC Rendering RAM oleh tekno segiempatUntuk RAM sendiri pilihlah dengan kapasitas sebesar 16GB DDR3 dengan arsitektur dual channel. Dan, RAM yang memenuhi persyaratan ini adalah Corsair CMZ16GX3M4A2133C9R (4x4Gb) Vengeance Red PC17000. Anda bisa mendapatkan RAM ini hanya dengan harga Rp. 1,2 jutaan saja.

Hardisk

Spesifikasi Untuk Merakit PC Rendering HDD oleh tekno segiempatRendering video biasanya akan menghabiskan kapasitas hardisk yang cukup banyak. Ini karena, ada banyak file yang harus digabungkan menjadi satu. Untuk itu Saya sarankan Anda menggunakan hardisk dengan kapasitas diatas 2 TB. Dan, hardisk yang memenuhi persyaratan tersebut adalah WDC SATA III Black 4TB. Anda bisa mendapatkan hardisk ini dengan harga yang hanya Rp. 2,9 jutaan saja.

VGA Card

Spesifikasi Untuk Merakit PC Rendering VGA oleh tekno segiempatDalam kasus ini kita memang hanya menggunakan VGA Card 1GB tapi harus menggunakan dual GPU. Nah, sebagai alternatif Saya memilih VGA Card XFX R7 250 OC 1GB 128bit DDR5 sebanyak dua. Disini kita akan menggunakan teknologi CrossfireX untuk menggabungkan dua VGA Ati Radeon ini. Harganya adalah sekitar Rp. 2,6 jutaan saja.

Power Supply

Spesifikasi Untuk Merakit PC Rendering PSU oleh tekno segiempatUntuk power supply sendiri Saya menyarankan menggunakan Corsair RM850 (CP-9020026-EU). Power supply ini sudah Full Modular, yang bersertifikat 80 Plus Gold. Dari Power supply ini adalah sekitar Rp. 2 jutaan saja.

Casing

Spesifikasi Untuk Merakit PC Rendering Casing oleh tekno segiempatUntuk casing gunakanlah Corsair Carbide 500R yang tanpa PSU. Harga dari Casing ini adalah sekitar Rp. 1,5 jutaan.

CPU Cooling

Spesifikasi Untuk Merakit PC Rendering Cooling CPU oleh tekno segiempatKarena, dalam proses rendering membutuhkan tenaga CPU yang kuat, maka diperlukan tambahan pendingin seperti CPU cooling ini. Dan, gunakanlah Corsair Hydro Series H80i AM3 sebagai rekomendasi Saya. Karena, harga dari cooling ini juga cukup murah hanya Rp. 1,1 jutaan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar