Senin, 27 Juni 2016

Cara Membuat Program/Aplikasi Komputer untuk Pemula


Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan bagaimana membuat sebuah aplikasi atau program komputer kepada Anda. Sebelum kita memulainya, alangkah baiknya mengetahui terlebih dulu definisi dari program komputer.
 

Dari Wikipedia:

    Program komputer atau seringkali disingkat sebagai program, adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer. Selengkapnya silahkan dibaca sendiri langsung kewikipedia.

Tambahan dari saya : program komputer dibuat dengan logika yang dinamakan algoritma pemrograman dan menggunakan suatu bahasa pemrograman, misalkan java, c, c++.
 
Program komputer dibagi menjadi 2 kategori, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. aplikasi sendiri terdiri atas 2 macam, yaitu aplikasi console, dan aplikasi GUI.

Aplikasi console adalah aplikasi dimana eksekusi logika programnya terbatas di dalam IDE. programmer pemula sering menghabiskan waktu di sini untuk mempelajari bagaimana komputer melaksanakan instruksi, mayoritas program yang dibuat di console adalah program paling dasar, seperti percabangan dan perulangan.

Sementara aplikasi GUI(Graphic User Interface) adalah aplikasi yang paling sering Anda jumpai di Internet. Program ini memang dirancang untuk memudahkan interaksi antara pengguna dengan mesin, selain itu GUI adalah syarat umum supaya suatu program dilirik oleh pengguna.

Demikian sekilas dari program komputer. Sesuai dengan judul yang telah saya cantumkan, kita hanya akan membahas tentang cara membuat program/perangkat lunak aplikasi.

Untuk membuat sebuah program, biasanya programmer pemula menggunakan IDE(Integrated Development Environment), sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk memudahkan programmer dalam menulis kode program. Ibaratkan Anda ingin membuat sebuah proposal, laporan, dan formulir maka Anda bisa menggunakan Microsoft Word dan sejenisnya.

Bagi Anda yang baru pertama kali ingin membuat program, Anda bisa mulai membuatnya dengan menggunakan IDE Turbo Pascal atau Windows Free Pascal. Selanjutnya, baca e-book berikut ini latihan pascal.

Instruksinya sederhana, coba semua kode di dalam e-book itu.

Mengapa pascal? Banyak programmer yang saya temui merekomendasikan bahasa pemrograman pascal untuk pemula, karena pemrograman pascal memiliki algoritma sederhana sehingga cocok digunakan untuk mempelajari dasar algoritma.

Berikut ini adalah video contoh program console yang dibuat dengan pascal 

Di blog ini saya juga menyediakan sedikit tutorial membuat aplikasi, namun bahasa pemgrograman yang digunakan adalah java.dengan Netbeans IDE.

Lantas, bagaimana programnya? di sini saya tidak menjelaskan instruksi tertentu tentang pembuatan program secara langsung. Karena yang akan membuat program bukanlah saya, melainkan Anda. Untuk tutorial membuat program dengan bahasa pemrograman Pascal akan saya berikan di kesempatan yang lain. selamat mencoba!

Setelah Anda mencoba membuat aplikasi komputer dengan gaya console interface, selanjutnya cobalahaplikasi GUI sebagai kelanjutannya, menggunakan bahasa c#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar